PENGALAMAN PRIBADI: Public Expose Emiten Go Public PT Waskita Beton Precast


Sumber: Dokumentasi Pribadi
Kemarin (10/8), Saya berkesempatan menghadiri acara Public Expose penawaran umum saham perdana (IPO) yang diselenggarakan oleh calon emiten PT Waskita Beton Precast bertempat di salah satu ballroom hotel ternama di bilangan Jakarta Selatan. Bagi beberapa investor saham, mungkin berpikiran "untuk apa mengikuti acara seperti ini? Bukankah semua data yang dibutuhkan untuk analisa/valuasi bisa didapatkan dari banyak sumber?"

Namun pada postingan kali ini, saya tidak akan membahas mengenai pertanyaan tersebut melainkan hal-hal yang bisa didapatkan dengan mengikuti acara seperti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) atau Public Expose. Sebelumnya akan dijelaskan dulu apa itu acara public expose.

Pubex atau Public Expose merupakan suatu pemaparan umum kepada publik untuk menjelaskan mengenai kinerja perusahaan tercatat dengan tujuan penyampaian informasi
mengenai kinerja perusahaan. Pada umumnya, agenda kegiatan public expose tahunan dilaksanakan emiten serangkaian dengan acara RUPST. Jadi, public expose dilaksanakan setelah RUPST dan biasanya dalam kesempatan itu emiten juga menyampaikan kepada publik atas keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam RUPST. biasanya kegiatan pubex ini diadakan satu tahun sekali untuk menyampaikan informasi dari perusahaan terbuka. Acara pubex ini dapat diikuti secara gratis (kecuali, RUPS) hanya diperlukan niat dan kemauan mengikuti.

Jadi, beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti acara Public Expose antara lain, sebagai berikut:



1. Informasi/Rencana Pengembangan Perusahaan

Dengan mengikuti acara Pubex, tentunya dapat mengetahui kondisi perusahaan melalui paparan yang disampaikan pada acara tersebut. Kondisi yang disampaikan itu juga dapat dijadikan salah satu acuan dalam melakukan analisis (katakanlah, target penjualan perusahaan tahun kedepan). Selain dapat dijadikan analisa saham, dengan mengikuti acara ini kita juga bisa mendapatkan pengetahuan baru/pelajaran baru. Beberapa hal yang saya dapat dari acara Pubex kemarin antara lain, perkembangan model bisnis perusahaan, sejarah perusahaan secara detail, product knowledge dari suatu perusahaan, mengetahui kondisi industri yang dijalankan perusahaan, sedikit pengetahuan mengenai jenis real assets perusahaan dan tingkat teknologi yang digunakan,

2. Mengenal Sisi Internal Perusahaan
Terdapat informasi lainnya yang tidak kalah penting, yakni aspek manajemen perusahaan. Pada acara Pubex tersebut kita dapat langsung berhadapan dengan para stakeholders perusahaan. "Bukankah cara terbaik untuk berkenalan dan berkomunikasi dengan seseorang adalah dengan berhadapan langsung dengan orang tersebut?". Maka, hal inilah yang dapat membedakan proses penyampaian informasi secara langsung melalui kegiatan pubex, jika dibandingkan dengan sekedar mendapatkan informasi dari banyak sumber. Dari sini, anda dapat melakukan penilaian tersendiri tentang bagaimana manajemen melihat prospek perusahaannya. Jika terlihat dari pihak manajemennya saja tidak yakin dengan prospek kedepan perusahaannya, bagaimana dengan calon investor perusahaan tersebut? Perlu diketahui bahwa, membeli saham berarti membeli sebagian kepemilikan dari suatu perusahaan (secara tidak langsung, anda lah pemilik sebagian dari perusahaan itu).

3. Networking
Poin terpenting dari ikut berpartisipasi dalam acara Pubex ini adalah menjalin relasi atau kenalan baru. Baik orang itu adalah seorang investor besar, maupun masih dalam tahap belajar. Satu hal yang dapat saya sampaikan pada poin ini, cobalah untuk selalu terbuka dan jangan terlalu memandang seseorang dari penampilan atau parasnya. Karena pada acara ini biasanya orang yang datang sangat beragam. Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Anda dapat bertukar pikiran, berdiskusi baik itu tentang dunia saham maupun hal lainnya, dan masih banyak lagi.

Bonus: Untuk jomblo-jomblo tapi selfie bisa mencoba foto bareng mbak-mbak ini atau mungkin bisa kenalan langsung dengan penerima tamu dan event commitee pada acara ini.

4. Makan Siang, Souvenir, dan Lain-lain

Sumber: http://thejamtree.com/
Salah satu yang saya suka dari mengikuti acara ini juga adalah dapat memenuhi hobi utama saya, Makan. Mungkin bagi sebagian orang ada yang menilai ini terkesan sedikit "aji mumpung", namun selain makan siang biasanya juga dibagikan goodie bag, yang isinya dapat berupa buku annual report atau laporan prospektus perusahaan. Pada acara kemarin, karena pubex untuk proses IPO maka dalam goodie bag tersebut dibagikan laporan prospektus awal perusahaan, dan buku masterplan perusahaan.


Poin penting yang dapat saya sampaikan mengenai perusahaan yang hendak melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) ini adalah sebagai berikut:
Nama Perusahaan: PT Waskita Beton Precast Tbk.
Kode Emiten: -
Parents/Holding Company: PT Waskita Karya Tbk.
Industry: Manufacture, Construction (Precast dan beton)
Description: Memiliki 8 pabrik precast, 20 pabrik ready mix dan 2 stone crusher dengan penjualan beton precast mencapai 82.1% dari total Penjualan

IPO Shares: 10.544.463.000 lembar (40% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan)
Nilai Nominal: Rp 100 per saham
Perkiraan Harga: Rp 400 - 500 per lembar saham
Rencana Penggunaan dan IPO: Sekitar 56% akan digunakan untuk kebutuhan modal kerja Perseroan. Sekitar 44% akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka pengembangan usaha Perseroan. 
Penjamin emisi:  PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas & PT Mandiri Sekuritas.

Jadwal Listing:
1. Tanggal Bookbuilding 10-26 Aug 2016
2. Perkiraan Tanggal Efektif 7 Sep 2016
3. Tanggal Penawaran umum 9-14 Sep 2016
4. Tanggal Penjatahan 16 Sep 2016
5. Distribusi Saham 19 Sep 2016
6. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia 20 Sep 2016

Ikhtisar Keuangan:
1. Aset Rp6.1tn (Apr16)
2. Liabilitas Rp4.3tn (Apr16)
3. Ekuitas Rp1.7tn (Apr16)
4. Pendapatan Rp2.6tn (2015)
5. Laba bersih Rp429miliar (2015)
6. DER 2,46x (Apr16)
7. ROA 2,45% (Apr16)
8. ROE 25,1% (2015)

Demikian akhir dari artikel yang saya buat. Semoga bermanfaat bagi anda dan jika berkenan silahkan di share.

Reference:

You Might Also Like

0 comments