Beberapa Istilah Dunia Saham



Apabila telah memasuki dunia olahraga saham, maka kita akan menemukanbeberapa istilah yang biasa diucapkan oleh investor maupun trader. Berikut merupakan beberapa istilah yang biasa digunakan,


> ARA / Auto Reject Atas
Menunjukkan bahwa harga saham berada pada kenaikan tertinggi di hari tersebut. Kenaikan tertinggi dari saham adalah sebesar 25%-35% dari harga penutupan di hari sebelumnya.
> ARB Auto Reject Bawah
Kebalikan dari ARA. Penurunan terdalam dari saham adalah sebesar 10% dari harga penutupan di hari sebelumnya.
> Hajar Kanan/ Hantam Kanan (Haka)
Kondisi ketika seseorang yakin dengan saham yang dibelinya dan orang tersebut melakukan pembelian saham tanpa peduli harganya.
> Hajar Kiri/ Hantam Kiri (Haki)
Kebalikan dari haka.
> Diborong
Ada seseorang yang membeli saham dalam jumlah besar.
> Diguyur
Kebalikan dari diborong.
> Diangkat/ Digoreng/ Dimainin Bandar
Ada seseorang yang sedang memainkan harga saham. Umumnya harga saham ini dinaikkan oleh orang tersebut dengan berbagai cara dan dijual ketika harganya tinggi. Orang yang bisa memainkan harga saham ini umumnya adalah orang yang memiliki modal sangat besar.
> Sahamnya Terbang/ Sahamnya ke Utara/ Sahamnya Lari Kencang
Kondisi ketika harga saham sedang bergerak naik.
> Sahamnya Longsor/ Sahamnya ke Selatan
Kebalikan dari sahamnya terbang.
> Serok Bawah/ Siap Tampung
Kondisi ketika harga saham sedang turun cukup banyak dan seseorang berniat membelinya karena yakin harga sahamnya akan naik.
> Tembok Tebal
Kondisi ketika ada seseorang yang membeli atau menjual dalam jumlah banyak pada harga tertentu.
> Sahamnya Joget/ Sahamnya Manggung
Kondisi ketika saham yang biasanya memiliki rentang pergerakan sempit mendadak mengalami kenaikan diluar kebiasaan dan orang-orang mulai mencoba masuk pada saham tersebut.
> Nyangkut
Kondisi ketika seseorang membeli saham di harga yang tinggi kemudian seseorang ingin menjualnya namun tidak bisa karena harga saham sudah turun cukup dalam.
Istilah-istilah tersebut sangat umum dijumpai dalam grup-grup saham yang ada di media online. Masih banyak istilah-istilah lain yang muncul dalam percakapan sehari-hari dan terkadang sedikit ‘aneh’. Semoga artikel inibermanfaat bagi anda yang akan terjun ke dunia olahraga saham.

Gambar:
https://jilbabfirzana.files.wordpress.com/2015/06/kamus-firzana-com.jpg

You Might Also Like

0 comments